A. IDENTITAS RESPONDEN
1. Nama :
MA’WA M. LEMBAH
2. Jabatan :
PENGELOLA PAUD TERPADU JANNATUL MA’WA
3. Instansi : PAUD
TERPADU JANNATUL MA’WA
4. Hari,
tanggal : KAMIS, JANUARI 2020
B. PERTANYAAN
1. Bagaimana
langkah-langkah
Saudara saat mulai merintis pendirian atau penyelenggaraan
satuan PAUD?
JAWAB :
PAUD yang kami pimpin awalnya berupa
Taman Pengajian Al-Qur’an, namun seiring berjalannya waktu mengingat kebutuhan
pendidikan anak Usia Dini semakin dibutuhkan di kalangan masyarakat, maka kami
mulai mengembangkan Lembaga kami.
1) Langkah pertama atas saran dari Bapak Rustam Efendi pada
saat itu beliau sebagai Ketua BKPRMI Kota Palu juga Pegawai Dinas Pendidikan
Kota Palu untuk membuka sekolah PAUD. Juga saran dari adik kandung saya Hj.
Salwa Mulhim Lembah pada saat itu beliau sebagai Kepala TK Adhyaksa untuk
meminjam Pinjaman dari Bank sebesar Rp. 25.000.000,-. Tahap selanjutnya izin
secara tertulis, mulai dari RT, RW, Desa, Kecamatan, UPT Kecamatan dan terakhir
diantar ke Kantor Dinas Pendidikan untuk proses izin operasional.
2) Langkah kedua, kami mulai menyiapkan lokasi, dari
mengecat, melukis, menyiapkan ruang kelas, mengisi dengan lemari, papan, mainan
dan lain-lain. Membuat spanduk, brosur, dan mempersiapkan tahun ajaran baru
perdana. Dengan menyiapkan kurikulum pembelajaran di sekolah. Berbekal survey
ke sekolah-sekolah yang sudah mulai, studi banding serta mencari di toko buku,
maka tersusun lah kurikulum yang akan kami terapkan.
3) Akhirnya, sekolah kami yang diberi nama PAUD Jannatul
Ma’wa, mulai beroperasi dan Alhamdulillah mendapat sambutan yang luar biasa
dari masyarakat. Walaupun dengan sarana dan pra sarana yang terbatas,
bersama-sama kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk anak-anak
usia dini. Setelah Kegiatan Pembelajaran berjalan, kami mendapat dana PAUD
Rintisan Rp. 30.000.000,- di tahun 2010.
2. Dalam penyelenggaraan
PAUD ini apakah ditetapkan dengan
surat keputusan
kepala SKB? Jika ya,
berisi tentang apa saja itu?
JAWAB :
3. Apakah penyelenggaraan
PAUD yang didirikan mempunyai visi dan misi organisasi? Jika
ya,
seperti apa visi dan misi itu?
JAWAB : Ya, Paud Terpadu Jannatul Ma’wa Memiliki Visi Dan Misi Yaitu :
VISI
|
:
|
Mencetak
Generasi Cerdas, Berkualitas serta Berakhlakul Kharimah dan Mewujudkan
Generasi Penerus Bangsa dan Agama, Berpengetahuan, Beriman dan Tangguh
Menghadapi Masa Depan.
|
MISI
|
:
|
1.
Turut serta dalam Penyelenggaraan
Pendidikan Generasi Penerus Pra Sekolah dengan Ilmu Pengetahuan Umum,
Keterampilan khusus dan Ilmu Keagamaan.
2.
Memberikan perlindungan dan pendidikan
kepada anak-anak dan Orang tua anak.
3.
Terciptanya Generasi Qur’ani yang dapat
menyongsong Masa Depan Gemilang.
|
4. Dalam bentuk apa sajakah
upaya-upaya satuan PAUD dalam mencapai visi dan misi tersebut?
JAWAB :
Dengan menggunakan manajemen yang baik, alhamdulillah
sampai saat ini kami terus berkembang mewujudkan visi, misi serta tujuan
sekolah kami.
5. Menurut Saudara bagaimana suasana hubungan
kerja diantara tenaga kependidikan yang
ada?
JAWAB :
Suasana hubungan kerja diantara tenaga pendidik kami sangat baik, para
pendidik dan pengelola dapat bersama-sama menjalankan visi dan misi PAUD
Terpadu Jannatul Ma’wa.
6. Bagaimana
setting penataan
lingkungan pembelajaran
(pengasuhan) program pendidikan anak usia dini? Mengapa menerapkan setting tersebut?
JAWAB :
1) Dalam penataan ruang kelas, kami
menggunakan meja belajar lipat, dan siswa duduk di karpet agar ruangan lebih
fleksibel mengingat ruang kelas kami memiliki keterbatasan ruang. Papan Tulis
White Board digunakan sambil sebagai pembatas antar ruangan kelas.
2) Terdapat taman kecil hijau di halaman
sekolah. Dan taman bermain ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit terdapat
dihalaman sekolah digunakan pada saat siswa istirahat.
3) Dinding kelas dilukis dengan lukisan
gambar hewan, gambar huruf abc, gambar angka, gambar huruf hijaiyah dan aneka
gambar edukatif lainnya.
7. Dalam menyelenggarakan
satuan PAUD ini apakah telah menjalin
kerjasama dengan
pihak
lain? Kalau ya,
dengan
pihak
mana
dan berwujud apakah kerjasama tersebut?
JAWAB :
- Puskesmas Bulili, Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah, untuk penerapan pola menu makan sehat pada anak, memantau Tumbuh Kembang Anak setiap bulannya.
- Pengurus Masjid, kerja sama berupa pemakaian tempat ibadah untuk pelaksanaan praktik sholat dhuha di hari jum’at, pada jum’at terakhir tiap bulannya.
- Perpustakaan Daerah, Mengajak belajar melalui bermain di Ruang Baca
- Pegadaian Syari’ah, untuk anak TK PAUD tabungan emas dan orang tua murid tabungan haji umroh.
8. Menurut Saudara bagaimana keadaan
sarana prasarana pendidikan yang telah
ada?
JAWAB :
Sudah cukup memadai, namun masih terkendala bangunan
sekolah.
9. Menurut Saudara bagaimana ketersediaan dan kualitas tenaga kependidikan
yang ada?
JAWAB :
Kualitas tenaga pendidik saat ini sudah cukup baik, namun perlu diikutkan
berbagai pelatihan atau study banding ke sekolah-sekolah lainnya baik dalam
daerah maupun keluar daerah.
10. Berapa besar
dana
yang diperlukan
untuk penyelenggaraan program PAUD ini? Apakah dana tersebut mencukupi? Jika tidak,
bagaimana langkah
Saudara agar pelaksanaan
kegiatan tetap
berjalan?
JAWAB :
Dana yang diperlukan untuk penyelenggaraan Program PAUD diperoleh dari
Biaya Pendaftaran Murid Baru dan uang SPP anak setiap bulannya. Baru-baru ini
PAUD kami memperoleh Bantuan Dana BOP, alhamdulillah penyelenggaraan pembelajaran
semakin baik, dengan adanya dana bantuan tersebut.
11. Bagaimana
penyusunan program pembelajaran program pendidikan anak
usia dini?
JAWAB :
Dengan mencari dan
membuat rencana jangka panjang, jangka pendek, kunjungan studi ke sekolah lain,
dan rencana pembelajaran harian.
12. Apakah terdapat program tahunan, caturwulanan,
bulanan dan mingguan
pada
program pendidikan anak usia dini?
JAWAB :
Ya, Program Tema Pembelajaran Tahunan, Caturwulan, Bulanan dan Mingguan
mengikuti aturan Dinas Pendidikan.
13. Apa
sajakah program-program unggulan yang ada pada satuan PAUD yang
Saudara kelola?
JAWAB :
Program-Program Unggulan pada PAUD Jannatul Ma’wa adalah :
- Program Pembelajaran Bahasa Inggris
- Siswa dapat menghafalkan Asma’ul Husna
- Siswa dapat menghafalkan Surah-Surah Pendek
- Siswa dapat menghafalkan Hadits-hadits
- Siswa dapat menghafalkan Do’a Sehari-hari
- Praktik Sholat Sunnah Dhuha dan pembiasaan bersedekah di Hari Jum’at.
- Praktik Dzikir dan Sholawat Nabi Muhammad SAW
- Wisata Religi dari masjid ke masjid dan kegiatan Outbond sesuai Tema Pembelajaran di PAUD.
14.Menurut Saudara bagaimana partisipasi anak
didik
dalam mengikuti proses
pembelajaran?
JAWAB :
Anak didik kami berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Diwujudkan dalam bentuk aktivitas fisik,
mental, maupun emosional dalam merespon tema yang diberikan oleh guru. Bertanya
kepada guru tentang materi yang tidak dipahami, bersemangat dan bekerjasama
dalam tugas, mengeluarkan pendapat untuk memecahkan sebuah permasalahan,
memberikan pertanyaan, menanggapi pendapat teman lain dan guru tentang materi
pembelajaran.
15.Faktor-faktor
apa
sajakah
yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan
program pendidikan anak
usia dini?
JAWAB :
- Yang menjadi kendala saat ini adalah adanya beberapa siswa kurang mampu, yang berkeinginan kuat untuk mengikuti pembelajaran di sekolah seperti teman-teman seusianya yang lain.
- Adanya siswa yang masih ingin ditemani oleh orang tuanya dalam mengikuti pembelajaran.
16. Solusi apa sajakah yang ditempuh
pengelola untuk
mengatasi kendala tersebut?
JAWAB :
Solusi untuk mengatasi kendala
tersebut adalah dengan membebaskan uang SPP satu sampai dua orang siswa dan mengajukan
gagasan akan adanya bantuan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, agar mereka
dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan sama dengan siswa yang
mampu.
Pemberian ruang tunggu bagi para
orang tua siswa di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jannatul Ma’wa, sambil
memberikan pemahaman dan pembiasaan pada anak didik untuk mandiri sehingga
siswa tidak merasa takut untuk bersekolah.
17.Menurut Saudara bagaimana perkembangan
anak
setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran?
JAWAB :
Perkembangan anak setelah mengikuti pembelajaran tentunya berbeda-beda, dari sisi kognitif, Bahasa, Motorik, Sosial, Emosional, Perilaku (Moral,
Sikap Beragama, dan Disiplin). Sesuai usia
mereka masing-masing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar