Visi dan Misi TKA/TPA BKPRMI Jannatul Ma'wa Unit 067



A.    VISI
  1. Visi atau wawasan ke depan tercermin dari motto Lembaga “Menyiapkan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang”
  2. Generasi Qur’ani ialah generasi yang beriman dan bertaqwa yang menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama dan pedoman hidupnya berakhlak mulia, cerdas, terampil, sehat punya rasa tanggung jawab, moral dan sosial, demi masa depan gemilang.
  3. Generasi Qur’ani adalah generasi yang mampu menerjemahkan pesan-pesan Al-Qur’an dalam pentas kehidupan kekinian, dalam rangka mengembangkan misi “Rahmatan Lil’alamin” di tengah-tengah gemuruh kemajuan teknologi modern.
B.    MISI
  1. Misi TKA/TPA Jannatul Ma’wa membawa  misi dwi tunggal, yaitu misi pendidikan dan misi dakwah Islamiyah.
  2. Melalui misi yang berdimensi pendidikan dan dakwah terkandung hal-hal yang strategis yang dapat dicapai : Pertama, guru-gurunya dapat direkrut dari kalangan guru-guru formal yang berlatarbelakang keguruan sekolah formal (guru TKA/SD/MI/SMP/MTS/SMU/SMA) dan guru-guru mengaji yang dikenal sebagai Ustad-ustadzah, Mubaligh/Mubaligah. Kedua, pembauran keguruan seperti itu adalah merupakan wahana “Ukhuwah Islamiyah” yang dapat memancarkan sinergi tersendiri. Ketiga, keberadaan TKA/TPA di Masjid-masjid, Mushola, atau rumah-rumah warga di tempat-tempat yang berdekatan dengan masjid/ mushola dapat menggugah kesadaran masyarakat sekitarnya untuk memakmurkan dan mengembangkan fungsi masjid sebagai mana mestinya. Keempat, keberhasilan pencapaian pengajaran/ pembelajaran TKA/TPA akan membawa pengaruh positif bagi lingkungan keluarga santri (peserta didik) kepandaian anak-anak dalam mengaji Al-Qur’an mengerjakan Sholat, Do’a, dan adap keseharian mereka diharapkan dapat menggugah kesadaran orang tua dan kakak-kakaknya untuk mengembangkan usaha dan suasana keagamaan di kalangan mereka selaku orang dewasa. Dengan begitu gerakan TKA/TPA dapat digulirkan lebih lanjut dalam rangka pemasyarakatan Al-Qur’an di kalangan remaja, pemuda, dan kalangan kaum tua.
  3. Dengan misi dan strategi di atas misi TKA/TPA Jannatul Ma’wa sekaligus menopang misi pembangunan bangsa, yaitu dalam rangka menyiapkan generasi bangsa yang siap melanjutkan estafet pembangunan bangsa. Melalui TKA/TPA anak-anak dipersiapkan menjadi warga dan calon pemimpin bangsa yang sejak dini telah memiliki benih-benih iman dan taqwa (Imtaq) sedangkan iman dan takwa adalah asas pertama dan utama dalam gerak pembangunan bangsa dan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar